Laporan Dapp 2020

statistik-Dapp-Augur

Bagi banyak penggemar blockchain, aplikasi desentralisasi (dapps) adalah masa depan internet. Tingkat antusiasme terhadap penemuan ini, bagaimanapun, berkurang di luar crypto-verse. Banyak pendukung centralized apps menggambarkan multi-million dapp market sebagai sinkhole.

Alasannya adalah aplikasi ini membutuhkan biaya yang sangat besar untuk dikembangkan tetapi memiliki antarmuka pengguna yang buruk dan, akibatnya, sangat sedikit pengguna. Sementara penggemar blockchain mempertahankan bahwa dapps seperti :

Augur adalah kasus penggunaan yang sempurna untuk web masa depan, kritikus menyebutnya tidak praktis dan lebih buruk, teori yang ditakdirkan untuk kegagalan menilai dari catatan kinerja masa lalu.

Memang, saat ini ada banyak alasan yang, bagi orang biasa, membuat dapps tidak menarik. Sementara jutaan orang telah dituangkan ke dapps paling populer seperti Crypto Kitties dan Augur, jumlah pengguna mereka di bawah par. Augur, misalnya, memiliki kapitalisasi pasar $ 311 juta tetapi menarik kurang dari 60 pengguna sehari.

 

Statistik Dapp Augur Ethereum

Tampaknya ada banyak penggemar blockchain yang memuji dapps ini, tetapi hanya sedikit yang menggunakannya. Apakah masalah ini benar-benar masalah adopsi lambat dari teknologi yang baru lahir atau sinyal nyata dari penemuan yang gagal? Mungkin juga bahwa para kritikus hanya kecewa dengan penurunan kurva pertumbuhan sementara jangka pendek, dan tetap yakin bahwa dapp atau aplikasi terdesentralisasi adalah masa depan.

Mengingat, aplikasi terdesentralisasi didasarkan pada teknologi yang sudah terbukti yang akan membebaskan dunia dari cengkeraman beberapa kekuatan pengendali pihak ketiga seperti bank, platform atau penyedia layanan data. Melalui proliferasi Dapps, bisnis yang berkembang sebagai penerima manfaat pihak ketiga dari sistem ekonomi kapitalis yang cacat akan memberikan keuntungan mereka kembali kepada orang-orang yang paling pantas mendapatkan penghasilan, biasanya kepada penambang, block producers atau siapapun yang telibat di ekosistem mereka.

Alasan? Dalam bentuknya yang murni, dapp adalah aplikasi open-source yang tidak dikendalikan secara terpusat karena mereka beroperasi dari jaringan yang aman dan sangat andal. Yaitu, backend dari kode mereka berjalan dari jaringan peer-to-peer seperti Ethereum, Waves, Vexanium atau Loom misalnya. Mereka bekerja secara otonom dengan smart contract pada saat peluncuran, dan semua data yang berkaitan dengan proyek dijamin secara kriptografi di blockchain.

Masa depan dari Dapps terlihat cerah

Jadi, apa yang dimiliki Dapp pada tahun 2020? Karena Dapp memiliki sifat awal teknologi yang baru, sulit untuk membayangkan seperti apa dunia yang berjalan di blockchain, seperti halnya dengan kedatangan internet. Namun demikian, jelas bahwa dapps akan membawa otomatisasi ke tingkat yang sama sekali baru.

Di masa depan, aplikasi yang didesentralisasi akan menangani banyak aspek kehidupan sehari-hari, memangkas biaya dan menghilangkan pihak ketiga / middleman. Penemuan ini akan membuat interaksi peer-to-peer layak dan memotong barang monopolistik dari penyedia layanan atau marketplace.

Namun demikian, sebelum utopia yang terdesentralisasi ini menjadi kenyataan, pada tahun 2020, kita harus berharap untuk melihat lebih banyak dapps yang dirilis yang akan memicu meningkatnya resistensi terhadap sensor web atau penguasaan data oleh pihak sentralisasi. Inovasi blockchain ini tidak memiliki alamat IP statis, sehingga tidak mudah diblokir. Juga akan ada dapps yang dirancang lebih baik untuk meningkatkan experience pengguna dan fungsi yang lebih mudah dinavigasi.

Meskipun benar bahwa sebagian besar aplikasi dapp memiliki kinerja yang kurang bagus tahun ini, sektor Decentralized Finance atau DeFi telah menjadi highlight, Defi mendorong aplikasi dapps menjadi pusat perhatian untuk semua alasan yang baik. Keberhasilan DeFi adalah alasan mengapa kritikus tidak dapat dengan mudah melupakan pencapaian dari Dapp.

Ekosistem keuangan baru ini berjalan tanpa pihak ketiga dan beroperasi pada jaringan tepercaya, tidak dapat diubah, dan terdistribusi yang memungkinkan siapa saja, di mana saja di dunia untuk mengakses berbagai produk keuangan. Orang-orang dapat, misalnya, mengakses pinjaman, pembayaran, investasi, manajemen portofolio, atau layanan pinjaman dengan hambatan dan persyaratan yang lebih sedikit dan lebih banyak otonomi / kebebasan daripada apa yang ditawarkan sektor keuangan atau finansial tradisional.

DeFi Mendisrupsi dunia Keuangan

Aplikasi DeFi adalah solusi blockchain yang menghilangkan kebutuhan perantara keuangan. Aplikasi ini adalah bagian dari sistem aplikasi terdesentralisasi (dapps), artinya otoritas tunggal tidak dapat mengendalikannya. Menggunakan smart contracts, irreversible agreements dapat ditempa antara dua pihak, sistem keuangan yang transparan, baru dan tangguh sedang dibangun.

Decentralized Finance - Defi

Oleh karena itu, tidak mengejutkan bahwa protokol DeFi berkembang biak di pasar dapps. Mereka sangat populer di kalangan pengguna dan investor sehingga lebih dari $ 660 juta dilock di Defi. Ini adalah bukti nyata bahwa aplikasi DeFi memiliki use case atau penggunaan dalam sistem keuangan dunia, dan dunia belum menikmati banyak manfaat dari aplikasi dapps.

Pelepasan indeks DeFix (DEFX) oleh Nasdaq, dan masuknya aset-aset keuangan yang terdesentralisasi (DeFi) ke dalam arus mainstream telah mendorong mereka menjadi pusat perhatian. The New York-based stock exchange firm, dalam kemitraan dengan EXANTE, sebuah brokerage firm yang berbasis di London, sekarang mengalirkan data real-time dari proyek-proyek blockchain yang menjanjikan ini.

DEFX mencakup proyek-proyek terkemuka di DeFi seperti MakerDAO, platform koin yang stabil, dan Augur, Gnosis, dan Numerai di predictions market. Indeks DeFix juga melacak Amoveo, solusi DeFi, dan protokol DEX, 0x.

Oleh karena itu, sementara Bitcoin berjanji kepada dunia untuk membebaskannya dari kekuatan pengendali bank, Ethereum, rumah dapps, mungkin, jika statistik adalah segalanya,blockchain yang akhirnya berhasil mencapai prestasi ini. Akibatnya, salah satu prediksi paling menonjol untuk sektor dapp pada tahun 2020 bisa menjadi ledakan aplikasi DeFi. DeFi membantu mengubah cryptocurrency, sebagian besar ETH dan alternatif lainnya, menjadi aset yang dapat dipertukarkan sebagai jaminan dalam lending space.

Banyak ETH yang terkunci di DeFi dipegang oleh MakerDAO (MKR). Platform ini mendukung stablecoin DAI. Para penggunanya mengunci atau me-lock ETH sebagai jaminan sebagai ganti pinjaman yang didenominasi dalam DAI. Pinjaman atau loan adalah kasus penggunaan teratas untuk DeFi, dengan semakin banyak pengguna lebih memilih untuk mengunci aset kripto mereka di dalamnya daripada menyimpannya di bursa atau melakukan staking di platform.

Gerakan untuk membangun produk-produk keuangan yang tahan sensor dan terdesentralisasi akan menjadikan DeFi pemenang di tahun mendatang. Jaringan pembayaran berdasarkan blockchain sudah menikmati peningkatan perhatian saat Facebook bersiap untuk meluncurkan Libra tahun depan.

Melalui dapps ini, jauh lebih mudah bagi pengguna untuk meminjamkan, meminjam, dan menyimpan uang karena mereka menghilangkan persyaratan penugasan. Dapps ini juga tidak memerlukan informasi pribadi atau sensitif, mereka juga tidak membebankan biaya berlebih untuk menangani dana pengguna, tidak seperti bank.

Lebih banyak bukti

Baru-baru ini, dapp analytics tracking dan agregasi analisis dapp, DappRadar mengungkapkan sejumlah besar volume token yang sebelumnya tidak terlihat dalam ekosistem dapp setelah melacak token ERC-20 yang bukan asli di Ethereum. Berdasarkan data 10-17 November 2019, ditunjukkan bahwa DeFi dapps memimpin, memposting volume ekstra besar $ 73 juta per hari.

Sementara banyak yang menganggap DEXs sebagai sumber aktivitas on-chain Ethereum, menambahkan data token mengungkapkan bahwa aplikasi DeFi berbasis-taruhan layak mendapatkan banyak kredit.

Kesimpulan

Prediksi pertumbuhan ruang DeFi dapp pada tahun 2020 adalah di antara faktor-faktor lain yang dipatok pada diversifikasi sektor koin yang stabil. Stablecoin secara sempurna memfasilitasi cross border trades dan karenanya mendapat adopsi massal di seluruh dunia. Token pertukaran akan terus menguat karena lebih banyak pedagang mengadopsi mereka. Lingkungan ini akan semakin mempercepat laju inovasi DeFi, dan lebih banyak pemain utama akan melompat untuk memanfaatkan penghematan biaya platform, disintermediasi, dan fitur efisiensi operasional.

Leave a Comment